Welcome

Selamat Datang IBX59F7F7D13D997

Popular Posts

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 20 September 2018

Apakah Air Cooler Aman bagi Kesehatan? Simak Disini

Sebagian besar orang, utamanya yang tinggal di kota, memasang air conditioner (AC) untuk mendapatkan ruangan yang adem dan nyaman, saat udara lagi panas. Hanya saja konsekuensinya adalah tagihan listrik akan naik drastis. Pasalnya, perangkat elektrik ini menyedot daya listrik tidak sedikit. Memang, kini sudah ada teknologi inventer dan hemat listrik. Tapi, daya listrik yang dibutuhkan untuk AC berkapasitas 1PK paling tidak 500 watt.
Dari situlah muncul terobosan alat semacam Air Conditioner yang lebih murah daya listriknya yang dinamakan dengan Air Cooler. Di Indonesia sendiri, sudah bermacam-macam brand air cooler masuk. Mulai dari air cooler Sharp sampai Midea. Baru-baru ini masuk merek air cooler baru yaitu Honeywel air cooler. Yang mana ternyata Honeywell air cooler ini sudah menjadi best seller di Amazon US. Hebatnya, Honeywell sendiri merupakan brand yang menjual air coolernya dengan harga yang lebih tinggi dari merek lain.
Mereka beranggapan bahwa air cooler adalah alat tata udara pelengkap yang paling tepat untuk orang Indonesia. Dari lini air cooler Honeywell sendiri, sudah ada 4 jenis air cooler yang terdapat di pasaran lho. Dari harga 1,3 juta sampai harga 3 juta rupiah. Harga lini teratas sudah hampir sama dengan harga air conditioner kelas ½ PK.
Lalu apa yang membedakan antara Air Cooler dengan mesin pendingin yang sejenisnya? Apa yang membuat air cooler begitu spesial? Simak  artikel berikut.
Menggunakan Air Dingin Dalam Hembusan Anginnya

Apa yang membuat perangkat air cooler bisa menyemburkan udara yang lebih sejuk dibandingkan kipas angin? Udara sejuk yang disemburkan air cooler telah melalui proses pendinginan menggunakan air dan batu es.
 Angin yang dihasilkan mesin dicampur dengan air dingin yang berada didalam tangki yang terdapat di belakang mesin inilah yang membuat hembusan angin terasa dingin.Walaupun suhu udara yang dihasilkan Air Cooler tidak sedingin Air Conditioner. Namun jika dibandingkan dengan kipas angin biasa, penggunaan Air Cooler jauh lebih efektif dalam menyejukkan ruangan .
Beberapa produk Air Cooler sudah dibekali dengan fitur ion negatif yang mampu membunuh bakteri dan kuman yang tersebar diudara sehingga udara yang dihasilkan Air Cooler tetap aman bagi kesehatan. Bentuk air cooler menyerupai AC mini portabel yang dilengkapi roda, memudahkan perangkat ini dipindah-pindah letaknya.

Hemat Listrik dan Mudah dalam Perawatan
Tak hanya lebih sejuk, perangkat air cooler ini juga menawarkan konsumsi listrik yang rendah. Saat sedang bekerja, alat ini hanya menggunakan daya listrik antara 60 watt sampai 100 watt. Ini tentu jauh lebih kecil dibanding AC, yang bisa mencapai 300 watt untuk kapasitas ½PK. Daya listrik yang rendah tentu akan membuat tagihan listrik lebih ringan.
Konsumsi daya listrik yang rendah menjadikan perangkat air cooler cocok bagi masyarakat kelas menengah yang memiliki daya listrik terbatas di rumah.
Perawatan air cooler juga cukup mudah, karena pemakai tidak memerlukan keahlian khusus. Perawatan yang perlu dilakukan adalah membersihkan tanki air dan kedua filter (filter plastik dan filter kertas “sarang lebah”). Cara membersihkan filter tersebut dengan menyemprotnya menggunakan air bersih yang mengalir sedang sampai debu dan kotoran yang ada pada filter dapat hilang.
 Menggunakan Air Cooler Tetap Sehat
Meski menggunakan air untuk menyirkulasi udara yang disemburkannya, penggunaan perangkat ini tidak menimbulkan paru-paru basah pada pemakainya. Alasannya, kerja air cooler tidak menyemburkan butiran air secara langsung.
Namun, meski air cooler bisa dipakai di semua ruangan, perangkat ini lebih cocok bila ditempatkan di ruangan yang tidak terlalu tertutup. Artinya, masih ada area terbuka di mana udara bisa bersirkulasi atau berganti. Sebaiknya tidak mengaktifkan air cooler di ruang yang tertutup. Karena nanti bisa ada kuman yang hidup, terutama karena air cooler menggunakan air.


Agar Semburan Udara Lebih Sejuk dan Bersih
Agar udara yang disemburkan air cooler lebih sejuk ada 3 hal berikut ini yang perlu diperhatikan.

•    Perangkat air cooler diletakkan di area yang memiliki sirkulasi udara cukup baik. Ini diperlukan agar udara selalu bersirkulasi sehingga udara yang disemburkan oleh air cooler lebih sejuk dan bersih.
•    Pemakai harus rajin mengisi air dan es batu ke dalam tanki. Jika tidak, fungsi perangkat itu tak ada bedanya dengan kipas angin biasa.
•    Rajin membersihkan filter dan tanki air. Filter yang kotor dan berdebu menyebabkan tekanan udara yang disemburkan air cooler menjadi lemah dan berbau.
Oke sekarang Anda sudah lebih paham ya kenapa air cooler itu bagus? Kalau Anda minat dengan air cooler, saya sendiri menyarankan untuk membeli Honeywell air cooler dibandingkan merek lain. Karena saya dulu pernah punya merek lain dan tidak seawet air cooler saya yang Honeywell. Itu tadi artikel tentang Air Cooler yang aman untuk kesehatan. Semoga bisa menambah wawasan anda.

0 on: "Apakah Air Cooler Aman bagi Kesehatan? Simak Disini"