Popular Posts

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 09 Maret 2017

Orangutan Island, Pusat Interaksi Dengan Orangutan

Ketika Anda berkunjung ke Perak, khususnya di daerah Bukit Merah mampirlah ke Orangutan Island. Tempat ini merupakan kawasan pertama di dunia, dimana para pengunjungnya bosa melihat dan berinteraksi langsung dengan banyak Orangutan. Luas area bukit merah ini mencapai 5,6 hektar dan 2 hektarnya digunakan sebagai lahan konservasi Orangutan. Binatang primata yang masih kecil akan dirawat, sedangkan jika sudah besar akan dilepaskan di alam bebas.
Usia hidup Orangutan sampai 30 tahun kalau hidup di alam bebas. Hewan ini suka makan segalanya, baik itu daun maupun telur burung. Buah-buahan merupakan makanan yang paling disukainya dan penyokong utama hidup mereka. Meski begitu, merekan tetap dapat hidup, walah hanya mengkonsumsi semua dan anaka serangga lainnya. 
foto:orangutan.org

Ketika Anda berada di taman konservasi Orangutan Island, banyak sekali pelajaran yang bisa Anda ambil tentang binatang primata ini. Menyaksikan Orangutan yang masih bayi, sungguh sangat menggemaskan. Di dalam pusat konserrvasi, bayi-bayi orangutan ini tertidur di kandang, diganti popoknya, memeluk boneka dan dirawat layaknya bayi manusia. Bahkan mereka juga menangis ketika perutnya lapar.
Setelah dewasa, bayi Orangutan akan ditempatkan dan dilatih diarea luar konservasi agar dapat hidup dengan baik dihabitat aslinya. Jika terlalu lama di konservasi, Orangutan menjadi manja, lebih sering sakit dan bertingkah polah layaknya manusia. Serta tidak mau mencari makann sendiri hanya menuntut persediaan makanan dari perawatnya saja.
Orangutan Island memang harus dikunjungi, selain bisa untuk belajar dan berbaur dengan hawan lucu ini, Anda bisa melepaskan kepenatan. Lingkungan alam yang sangat asri, fasilitas restoran yang memiliki menu lengkap dan wahana-wahana yang sangat menyenangkan untuk dinikmati. Cocok sekali untuk wisata bersama keluarga. Adapula aktivitas outbond dan bagi Anda yang ingin perawatan tubuh bisa mengunjungi spa di tempat ini.
Taman Orangutan ini buka setiap hari jam 09.00 – 17.00. Orangutan Island hanya membutuhkan waktu 10 menit kalau ditempuh dari pelabuhan bukit merah dengan kapal feri. Akses kesana pun sangat mudah dan kapan feri yang tersedia berangkan setiap satu setengah jam sekali. Anda harus menempuh perjalanan selama 45 menit dari Ipoh, 3 Jam dari Kuala Lumpur dan 35 menit dari Penang.
Sedangkan harga tiket masuk ke taman ini bagi orang dewasa sebesar RM 20 = Rp 60 ribu. Bagi anaka-anak RM 17 = Rp 51 ribu, anak-anak dibawah 90 cm tidak dikenakan biaya alias gratis. Para manula dan berkebutuhan khusus harga tiket masuk ke Orangutan Island hanya RM 10 = Rp 30 ribu. Harganya bisa sewaktu-waktu berubah.

0 on: "Orangutan Island, Pusat Interaksi Dengan Orangutan"