Popular Posts

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 17 Februari 2017

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Pada Usia 0–12 Bulan

Pada usia 0 hingga 12 bulan pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan lebih cepat dibandingkan dengan tahun-tahun berikutnya. Pada tahun pertama inilah bayi Anda mulai beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Mereka akan belajar bagaimana berbicara, merangkak, berdiri, berjalan, memegang dan sabagainya. Tahap-tahap ini sangat sayang di lewatkan. 

Anda harus selalu mengawasi si kecil setiap apapun yang dilakukannya. Pada bulan pertama dia akan lebih sering tidur, tapi sudah bisa berinteraksi dengan apa yang didengar atau dilihatnya. Dia mulai tersenyum saat melihat sesuatu yang menyenangkan dan mulai menangis saat menahan lapar atau haus. Si kecil akan merespon apapun yang bisa dirasakannya.
foto:hamilplus.com

Usia 2 bulan dia senang memegang sesuatu yang dekat denganya. Dia suka dengan warna-warna dan ingin mengambil apa yang disodorkan padanya. Sedangkan pada usia 3 sampai 4 bulan, pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah mulai belajar meraih sesuatu. Si kecil mulai merangkak dan bertambah pintar. Dia sudah tahu mana tangan ibunya dan orang lain. jam tidur siangnya pun mulai berkurang karena dia akan lebih senang bermain. 

Sedangkan saat memasuki usia 6-8 bulan pertumbuhan dan perkembangan bayi yakni mulai belajar berdiri. Si kecil akan mencari sanggahan untuk membutnya berdiri. Dia juga sering memegang sesuatu dan dimasukkan ke dalam mulutnya. Sehingga, Anda harus mengawasi dan memperhatikannya setiap waktu. Pastikan peralatan atau mainannya aman bagi kesehatannya. Kebutuhan makannya mulai bertambah dan sudah bisa diberikan bubur. 

Si kecil senang memegang tangan Anda dan membuat Anda menuntunnya kemanapun dia pergi. Saat-saat ini dia suka bepergian dengan berjalan kaki. Apabila bayi Anda sudah mulai belajar berjalan, maka dukunglah dia dan jadilah partner yang baik pada setiap langkahnya. Ketika sudah burumur 9-12 bulan bayi suka berbicara dan memainkan mulutnya. 

Latihlah dia dengan perkataan yang jelas bukan dengan bahasa bayi. Ucapkan kata-kata yang benar supaya si kecil terbiasa berbicara dengan pengucapan yang tepat. Dengarkanlah musik yang pas untuk umurnya, lantunan musik yang tepat akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi semakin lebih baik terutama bagian otaknya.

Si kecil pun suka menonton televisi dan bisa menontonnya dalam waktu yang cukup lama. Bahkan jika ada sesuatu yang lucu dia akan tertawa. Dia juga sudah bisa berinteraksi dengan  orang lain. Sesekali temukan si kecil dengan beberapa bayi yang seumuran. Lihat tingkah lucunya, itu akan membuat Anda tertawa sendiri.

0 on: "Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Pada Usia 0–12 Bulan"